Internet dan E-commerce
Dengan pesatnya perkembangan bidang Teknologi Informasi dan
Telekomunikasi atau Information and Communications Technology (ICT) ditengah
masyarakat kita saat ini seakan memaksa kita untuk selalu siap dan update
dengan setiap perkembangan teknologi yang ada saat ini. Perkembangan teknologi
informasi dan komunikasi di tengah masyarakat kita sudah mencapai dunia usaha
dan bisnis dimana transaksi jual beli antara produsen dan konsumen dapat
dilakukan secara cepat dan efisien.
Sistem transaksi jual beli dengan memanfaatkan media
internet tersebut sering disebut juga dengan istilah perdagangan elektronik
atau e-commerce. Secara umum e-comeerce dapat diartikan sebagai suatu proses
transaksi bisnis seperti pertukaran atau penjualan barang, jasa, serta
informasi dengan menggunakan media teknologi elektronik yang menghubungkan
antara produsen dan masyarakat luas sebagai konsumen melalui bentuk transaksi
elektronik.
Sebetulnya, dalam praktiknya e-commerce lebih dahulu
digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar untuk memasarkan produknya kepada
pelanggan, proses ini dikenal juga dengan istilah Bussiness to Bussiness (B2B)
dan Bussiness to Consumer (B2C). Tapi seiring dengan pekembangan teknologi
informasi dan komunikasi, e-commerce telah berkembang secara pesat dan
menyeluruh, sehingga memungkinkan untuk terjadinya Consumer to Business (C2B)
dan Consumer to Consumer (C2C).
Hal tersebut menandakan bahwa kalangan industri kecil,
menengah dan besar sudah memanfaatkan perkembangan e-commerce dalam
melaksanakan aktivitas bisnisnya. Bahkan transaksi barang dan jasa antar sesama
pelanggan yang dilaksanakan melalui e-commerce dengan memanfaatkan teknologi
internet semakin berkembang.
Banyaknya transaksi e-commerce dengan memakai media internet
adalah karena kemudahan dan cepatnya transaksi yang dapat dilakukan. Ada dua
alasan krusial mengapa media internet menjadi pilihan favorit untuk
melaksanakan e-commerce oleh masyarakat kita:
Teknologi internet yang pertama diperkenalkan pada publik
untuk kebutuhuan komersial pada tahun 1995 telah berkembang sedemikian rupa
sehingga memiliki jaringan publik yang sangat besar. Dengan teknologi sekarang
ini berbagai kemudahan untuk mengakses internet ditengah masyarakat kita
semakin mendorong e-commerce dengan memanfaatkan media internet menjadi pilihan
favorit.
Internet pada dasarnya menggunakan elektronik data sebagai
media penyampaian pesan/data, dengan begitu memungkinkan untuk dilakukannya
pengiriman dan penerimaan data informasi secara simple, efisien dan cepat. Maka
kehadiran internet dalam e-commerce semakin mempermudah transaksi jual beli
yang ada dengan menghemat biaya dan waktu.
Seiring dengan perkembangnya, entrepreneurship atau
wirausahawan muda banyak memanfaatkan perkembangan e-commerce untuk melaksanakan
aktivitas jual belinya. Tapi para pelaku e-commerce kita ini bukan tanpa
halangan, karena dengan tersedianya internet network yang simple, inovatif,
intuitif dan cepat, kemudian dengan demografi dan kompetisi yang cukup tinggi
karena banyaknya produk dan penawaran website online menjadi tantangan
tersendiri bagi para pelaku usaha.Hal tersebut tak hanya dapat semakin
mendorong kemajuan e-commerce sendiri tapi juga bisa lebih meningkatkan
kompetisi dalam dunia entrepreneurship kita, dengan begitu dapat meningkatkan
lagi perkembangan dunia wirausaha di tengah masyarakat kita.
Masoem University
Tidak ada komentar:
Posting Komentar